RSS

KUNJUNGAN MAHASISWA UNIVERSITY OF MALAYA KE CANDI BOROBUDUR

20 Oct

Pada tanggal 8 Oktober 2016, UNY kedatangan tamu 22 mahasiswa dari University of Malaya.Mahasiswa UM melakukan kunjungan ke UNY selama satu minggu.

Pada hari minggu tanggal 9 Oktober 2016, mahasiswa dari University of Malaya melakukan kunjungan ke Candi Borobudur. Rombongan berangkat dari Asrama Wates pukul 7:45 dan sampai di Candi Borobudur pukul 9:00 dengan mengunakan bus UNY.

um-1

Foto bersama mahasiswa dari UNY dan UM di plataran candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan candi Budha yang terletak di kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Candi Borobudur memang memiliki daya tarik tersendiri bagi mahasiswa University of Malaya dikarenakan candi Borobudur merupakan monument Budha yang terbesar di dunia dan memiliki gaya arsitek stupa dan candi yang sangat indah.

Bangunan candi Borobudur terdiri atas enam teras yang berbentuk bujur sangkat dan diatasnya terdapat tiga pelataran yang berbentuk lingkaran. Candi Borobudur memiliki sekitar 2.672 panel relied dan 504 arca Budha. Para mahasiswa University of Malaya sangat antusias dan tertarik dengan cerita yang diceritakan lewat relief Candi Borobudur. Hal ini terlihat dari antusias dan semangat mereka  ketika melihat relief di Candi Borobudur dengan berjalan mengelilingi candi berputar searah jarum jam agar bisa melihat keseluruhan cerita yang tergambarkan dari relief Candi Borobudur.

um-2

Foto Shu (mahasiswa University of Malaya) di depan relief di Candi Borobudur

Candi Borobudur dibangun tanpa memakai semen, tetapi hanya menggunakan sistem interlock (saling kunci) sehingga tidak membutuhkan perekat. Selain itu pada candi Borobudur dilengkapi dnegan sistem drainase yang sangat baik untuk mencegah genangan air dengan cara dilengkapi dengan 100 pancuran yang dipasang disetiap sudut dengan bentuk kepala raksasa kala. Sehingga tidak salah jika mahasiswa University of Malaya sangat tertarik untuk melihat Candi Borobudur.

Setelah rombongan mengelilingi seluruh bagian candi, rombongan pergi ke museum kapal yang terdapat di kawasan candi Borobudur. Di museum ini, rombongan disuguhi dengan kapal yang konon katanya digunakan untuk berlayar nenek moyang Indonesia keliling Nusantara.

Setelah rombongan lelah berkeliling Candi Borobudur hingga pukul 12:00 siang, rombongan segera menuju rumah makan Kampung Ulu untuk makan siang, istirahat dan solat. Menu makan siang rombongan antara lain ayam crispy, tempe goreng, telur dadar, cap cay sayur, dan kerupuk, kemudian untuk minumnya adalah es teh, air putih dan buah semangka. Mahasiswa of Malaya sangat menikmati suguhan makanan ini dan mengatakan bahwa makanannya sedap.

um-3

Foto saat mengantri mengambil makanan di rumah makan kampong ulu

Sekitar pukul 1 siang setelah rombongan selesai ISHIMO, rombongan segera pulang balik ke asrama wates menggunakan bis UNY.

 
Leave a comment

Posted by on October 20, 2016 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: