RSS

KAMERA LUBANG JARUM

18 Jun

CARA MEMBUAT KAMERA LUBANG JARUM

1.menyiapakan alat dan bahan yang diperlukan.

Bahan yang diperlukan antara lain

  1.  lakban hitam,
  2.  kaleng rokok atau kalau ada kaleng apapun itu yang berbentuk kotak tapi kalau tidak ada pakai kaleng rokok yang berbentuk tabung juga bisa,
  3. Potongan kaleng softdrink,
  4. pylox hitam,
  5.  amplas
  6. dan kertas foto emulsi

Alat yang dibutuhkan adalah

  1. paku
  2. dan jarum yang kecil.

2. melubangi kaleng rokok bagian tengah dengan menggunakan paku

Untitled

3.mempylox bagian dalam kaleng menggunakan pylox hitam hingga semua bagian tertutup pylox semua secara rata

4. memotong kaleng softdrink kira-kira selebar 3×3 atau dapat menutup lubang yang ada di dalam kaleng rokok tadi hingga tertutup rapat. Setelh itu, potongan kaleng ini diamplas hingga setipis mungkin.

5. melubangi potongan kaleng yang sudah tipis ini menggunakan jarum pentul kira-kira dengan diameter 0,03 mm sehingga kita hanya menggunakan ujung jarum saja.

6. pasang potongan kaleng ini untuk menutupi lubang pada kaleng yang sudah di pylox tadi menggunakan lakban.

7. membuat penutup lubang ini menggunakan kertas sehingga ini dapat digunakan sebagai pembuka dan penutup lubang jarum saat melakukan pengambilan gambar.

8. Memasang penutup lubang  ini dengan menggunakan lakban tetapi kertas penutup ini tetap masih di buka dan ditutup.

9. kamera siap digunakan

06052013003

 Cara menggunakan kamera lubang jarum :

1. Sebelum pemotretan dilakukan, Kertas Foto Emulsi harus sudah terpasang di dalam kamera lubang jarum. Pemasangan Kertas Foto Emulsi ini harus dilakukan di kamar gelap. Langkah-langkah pemasangan Kertas Foto Emulsi:

A. Buka tutup kamera, lalu masukan kertas foto. Sebagai catatan, posisi permukaan kertas yang mengandung emulsi menghadap ke arah lubang kamera

B. Tutup kamera rapat-rapat dan yakinkan tidak ada cahaya yang masuk ke dalam kamera.

2. Sebelum pemotretan, sebaiknya cari objek yang pantas dipotret. Sesuaikan jarak antara kamera dengan objek agar didapat gambar yang sesuai dengan yang diharapkan.

3. Setelah posisi dirasa sudah tepat, bukalah penutup lubang jarum kamera dengan cara menggeser pebutupnya ke atas. Selama pemotretan upayakan posisi kamera tetap stabil.

4.Kamera dibuka selama kurang lebih 3 menit. Setelah itu, penutup kamera ditutup kembali agar tidak ada cahaya yang masuk lagi.

5.Setelah pemotretan selesai, kamera dibawa ke kamar gelap. Kertas Foto Emulsi hasil pemotretan diambil juga di dalam ru ang gelap agar tidak ada cahaya yang mengganggu hasil gambar pemotretan. Lalu setelah itu Kertas Foto Emulsi hasil pemotretan melalui proses berikutnya, yaitu mncuci kertas foto emulsi agar tercipta gambar yang bagus. Cairan pencuci yang digunakan adalah

a)        Developer

Developer  fungsinya untuk mengembangkan gambar, jadi pada saat kertas di masukkan maka akan terjadi reaksi kimia antara kertas dengan cairan kimia tersebut yang mengakibatkan muncul atau tidaknya gambar.

b)        Stopbath

Stopbath berfungsi untuk membersihkan sisa cairan developer pada kertas.

c)         Fixer

Fixer berfungsi untuk menetapkan/ menghentikan proses reaksi emulsi pada kertas, sehingga gambar yang sudah muncul pada kertas tidak akan berubah warna lagi ketika terkena cahaya.

(HASIL FOTO MENGGUNAKAN KAMERA LUBANG JARUM)

06052013006

 

  Prinsip Kerja pada kamera lubang jarum

Prinsip Kerja pada kamera lubang jarum adalah “jika ada suatu lubang pada ruangan gelap yang mengarah ke objek yang mendapatkan intensitas cahaya yang cukup maka akan terproyeksi kan ke dalam ruang gelap dalam posisi terbalik”.

Pada kamera lubang jarum ini, semua bagian dalam kamera kami buat semuanya gelap, sehingga gambar objek yang kita harapkan akan terbentuk sempurna karena pemantulan cahaya dari objek akan terekam maksimal oleh kertas foto emulsi (media peka cahaya). Cara memfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Pada kamera lubang jarum ini, cahaya difokuskan dengan cara mengatur tempat penempatan kamera agar cahaya yang masuk dalam lubang kamera dapat terekam oleh kertas foto emulsi.

Yang perlu diperhatikan saat mengambil gambar adalah objek lurus dengan lubang kamera lubang jarum. Hal ini dikarenakan cahaya merambat lurus sehingga objek harus lurus dengan lubang agar perambatan cahaya dapat diterima oleh lubang kamera ini secara maksimal.

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on June 18, 2013 in pendidikan, science

 

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: